Perbedaan Edisi Windows 10

Windows 10 digadang-gadang sebagai sistem operasi terakhir Microsoft. Salah satu tujuannya ialah demi kenyamanan konsumen supaya tidak perlu berganti sistem operasi setiap kali versi Windows yang baru muncul ke pasaran.

Meskipun telah dinobatkan sebagai sistem operasi terakhir, Windows 10 hadir dengan berbagai versi yang mungkin saja membuat kamu bingung. Microsoft merilis Windows 10 Home, Windows 10 Pro, Windows 10 Enterprise, dan Windows 10 Education.

So, apa beda dari keempat versi tersebut?

Secara garis besar semuanya sama-sama ditanam fitur unggulan Windows 10 seperti Cortana, Microsoft Edge, Start Menu, dan interface yang serupa.

Produktivitas dan pengalaman pengguna

Semua versi Windows difasilitasi fitur untuk menunjang produktivitas yang sama. Cortana, Tablet Mode, Start Menu, hingga Microsoft Edge tersedia. Kecuali untuk versi Windows 10 Education, kamu tidak bisa menikmati pelayanan asisten digital dari Cortana.

Manajemen dan penyebaran

Tidak lengkap pakai Windows 10 jika tidak dilengkapi aplikasi manajemen. Di tabel berikut kamu bisa lihat Windows 10 Education tidak ketinggalan satu fitur pun. Sementara Windows 10 Home harus berpuas diri dengan Mobile Device Management dan Windows Update.

 

Keamanan

Faktor keamanan menjadi pertimbangan penting bagi pengguna supaya aktivitas serta data komputer terjamin. Microsoft mengimplementasikan setidaknya 9 fitur keamanan yang tentunya masing-masing versi Windows mendapat jatah yang berbeda. Versi Enterprise dan Education adalah yang paling komplit.

 

Kemampuan mendasar

Selain fitur utama, kemampuan dasar Windows 10 menjadi esensi penting untuk beberapa jenis aktivitas. Contohnya untuk mengakses komputer dari jarak jauh diperlukan Remote Desktop Connection. Sayang sekali untuk Windows 10 Home tidak dibekali satu pun kemampuan mendasar dari Windows.

 

Cara mengetahui versi Windows 10

Mungkin kamu sampai sekarang tidak tahu versi Windows 10 yang terinstal pada komputer desktop atau laptop. Cara untuk mengetahuinya tidak sulit, bisa masuk ke Settings => System => About.

 

Atau dengan cara klik kanan pada This PC lalu klik Properties.

 

Nah, versi Windows 10 ini dibagi-bagi lagi dalam build (update) yang berbeda. Biasanya dalam beberapa rentang waktu tertentu Microsoft akan membagikan update pada sistem operasinya. Misal perbaikan bug, penambahan fitur, perubahan interface dan lainnya.

Mana lebih baik?

Memilih versi mana yang lebih baik, jawabannya sangat relatif dan bervariasi. Sebab Microsoft merancang setiap tipe dengan tujuan yang spesifik.

Windows 10 Home dirancang untuk kebutuhan harian di rumah. Meski tidak selengkap versi Pro, Enterprise, atau Education, ia sudah lebih dari cukup untuk menangani beberapa aktivitas karena fitur unggulan dari Microsoft sudah tertanam pada sistem operasi ini. Imbas dari pengurangan fitur, Windows 10 Home jadi versi yang harganya paling murah.

 

Windows 10 Pro bisa dibilang lumayan populer sebab fitur yang ditawarkan tidak lebih dan tidak kurang. Jika kamu adalah seorang pelajar, mahasiswa, atau seorang pebisnis rasanya paling cocok menggunakan Pro. Kemampuan enkripsi dijamin membuat data-data penting aman meski tengah terhubung pada network publik.

 

Windows 10 Enterprise jarang ditemui di Indonesia sebab Microsoft baru melepas Home dan Pro saja ke pasar tanah air. Versi ini tepat digunakan bagi penggunaan level perusahaan atau kantor karena dilengkapi kemampuan manajemen serta keamanan yang memuaskan. Namun untuk saat ini untuk mendapatkan Windows 10 Enterprise hanya bisa membelinya dari luar negeri.

 

Windows 10 Education sama seperti Enterprise, belum tersedia secara resmi di Indonesia. Tetapi apabila suatu saat resmi dipasarkan, organisasi atau lembaga pendidikan pasti akan sangat memburunya. Sesuai nama versi dari sistem operasi ini, ia ditujukan bagi fasilitas pendidikan seperti sekolah atau universitas.

Well, baik Home, Pro, Enterprise, dan Education punya target penggunanya sendiri. Menurut kalian, mana yang lebih baik?

Buat yg mencari License Asli Microsoft bisa KLIK DSINI!